Tokaido & Sanyo Shinkansen

Pada tahun 1964 Shinkansen pertama, yaitu jalur Tokaido, dibuka antara Tokyo dan Osaka, berdampingan dengan Tokaido Road yang terkenal menghubungkan Edo (Tokyo) dan Kyoto di zaman samurai. Sekarang jalur ini telah diperpanjang, dari Osaka sampai Hiroshima dan Fukuoka, yang dikenal dengan jalur Sanyo. Hanya Japan Rail Pass yang mengoperasikan Tokaido Shinkansen (kecuali untuk kereta Nozomi). Sanyo Shinkansen dioperasikan JR Rail Pass dan JR West Sanyo Area Pass. Ada tiga jenis kereta api yang beroperasi di Jalur Tokaido / Sanyo.

Nozomi

Nozomi yang berarti 'harapan,'.Nozomi adalah layanan tercepat di jalur ini. Perjalanan menempuh sekitar 2,5 jam antara Tokyo dan Osaka, dan sekitar 5 jam dari Tokyo menuju Hakata (Fukuoka). kereta ini hanya berhenti di stasiun besar saja seperti Nagoya, Kyoto, Okayama dan Hiroshima.


Hikari

Hikari, yang berarti 'cahaya,' adalah layanan Shinkansen yang pertama pada Jalur Tokaido / Sanyo . Sejak diperkenalkannya kereta api Nozomi, kereta ini sekarang adalah kereta dengan layanan tingkat menengah, kereta ini berhenti di lebih banyak stasiun dibanding Nozomi, tapi kereta ini masih tergolong sangat cepat. Hikari menghubungkan Tokyo dan Osaka dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Ada dua kereta per jam sepanjang rute ini. Jika Anda bepergian dari Tokyo menuju Kyushu/Hiroshima, anda harus mengubah rute kereta di Hikari.



Kodama

Kereta ini adalah versi 'lokal' dari Shinkansen karena kereta ini berhenti di semua stasiun primer dan sekunder. Tapi kereta ini masih dibilang jauh dari lambat. kereta ini tetaplah 'kereta peluru' seperti kereta api di atas. Anda tidak akan menggunakan Kodama untuk jarak yang sangat jauh, melainkan hanya untuk berpergian ke stasiun sekunder yang dekat dengan tempat wisata, seperti Odawara (Hakone Park dan Gunung. Fuji) atau Himeji (Himeji Castle). Kereta ini sepenuhnya dioperasikan oleh Japan Rail Pass.

0 komentar:

Posting Komentar